Nge-blog Hemat dan Cepat dengan Beragam Fitur Lengkap di Hostinger

Nge-blog Hemat dan Cepat dengan Beragam Fitur Lengkap di Hostinger

Nge-blog Hemat dan Cepat dengan Beragam Fitur Lengkap di Hostinger
Selasa, 18 September 2018

Di jaman yang serba modern saat ini, internet sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang mungkin tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Semua informasi dapat kita peroleh dengan begitu mudah hanya dengan klik saja. Siapa saja yang memiliki akses internet tentu saja dapat mencari dan membaca informasi dari berbagai website, blog dan forum yang ada di internet. Namun tidak hanya membaca, kita juga dapat menuliskan informasi di internet dengan menggunakan media blog. Siapa saja juga dapat memiliki website atau blog baik yang gratis maupun yang berbayar. Nah di artikel ini saya akan sedikit sharing seputar informasi blogging yang sering ditanyakan dalam memulai nge-blog.

Lalu, apa sih manfaat kalau kita punya blog?

Sebenernya ada banyak hal yang bisa kamu dapetin dari nge-blog, mulai dari pengetahuan, pengalaman dan bahkan tambahan uang jajan loh!. Dengan nge-blog kamu bisa berbagi berbagai informasi, pengetahuan, ilmu dan hal lainnya yang kamu punya kepada siapa saja.

Nah bagi kamu yang tertarik ingin membuat blog, ada 2 hal penting yang harus kamu ketahui, yaitu platform dan konten yang ingin kamu tulis. Platform merupakan media dalam menerbitkan tulisan kamu ke internet. Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk nge-blog, diantara yang paling populer yaitu Blogger dan WordPress. Jika kamu memilih untuk menggunakan Blogger, kamu dapat mendaftar secara mudah di blogger.com menggunakan akun Google kamu lalu kamu dapat langsung mulai nge-blog dengan blog yang sudah kamu daftarkan.

Namun jika kamu memilih menggunakan WordPress, kamu harus memilih untuk menggunakan versi hosted atau non-hosted, karena WordPress terbagi kepada dua versi yaitu WordPress Hosted (wordpress.com) dan WordPress Self-Hosted (wordpress.org). Perbedaan diantara keduanya yaitu jika WordPress hosted, kita cukup mendaftar saja di wordpress.com lalu secara instan bisa memulai nge-blog tanpa harus mempunyai hosting dan domain. Sedangkan jika versi WordPress self-hosted, kita diwajibkan melakukan instalasi secara manual dengan mendownload terlebih dahulu di wordpress.org kemudian dapat di install di hosting.


Namun tentu diantara keduanya terdapat kelebihan dan kekurangan, jika kita memilih WordPress hosted, kekurangannya yaitu kita memiliki kontrol terbatas terhadap blog kita, seperti domain, plugin, tema. dan kelebihannya kita tidak perlu memikirkan domain dan hosting, semuanya sudah disediakan oleh wordpress.com. Kemudian jika kita memilih untuk menggunakan WordPress Self-Hosted, kita diwajibkan untuk memiliki domain dan hosting untuk dapat menggunakannya namun kita memiliki full control terhadap blog kita, seperti mengganti tema, plugin dan lainnya.

Berikut adalah seikit gambaran perbedaan antara WordPress Hosted (wordpress.com) dan WordPress Self-Hosted (wordpress.org).


Saya sendiri menggunakan WordPress Self-hosted pada blog ini dikarenakan banyaknya kelebihan dan keuntungan jika dibandingkan dengan WordPress hosted. Dan saya merekomendasikan WordPress Self-hosted bagi kamu yang ingin memulai nge-blog karena fitur yang ditawarkan lebih baik dibandingkan dengan WordPress hosted.

Kalau pakai WordPress Self-Hosted (wordpress.org) malah ribet dong?

Jika dilihat dari penjelasan diatas, menggunakan WordPress self-hosted terlihat lebih rumit dikarenakan kita diharuskan memiliki domain dan hosting lalu harus menginstallnya secara manual. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena semua hal diatas dapat diatasi dengan mudah dengan layanan lengkap yang ditawarkan oleh Hostinger mulai dari hosting, domain hingga instalasi blog WordPress dapat dilakukan dengan mudah.

Hostinger Control Panel

Hostinger menawarkan fitur Auto-Installer dimana kamu dapat dengan mudah menginstall blog WordPress hanya dengan klik! Selain WordPress, kamu juga dapat menginstall berbagai aplikasi lain yang tersedia di control panel Hostinger. Gimana cukup mudah bukan?

Tapi kan kalau beli hosting mahal dong?

Eits, tunggu dulu.. kata siapa hosting mahal? Hostinger menawarkan layanan web hosting murah berkualitas dengan fitur premium serta bantuan profesional yang siap membantu kamu kapanpun.

Hostinger Hosting Plan

Hostinger menawarkan 3 paket hosting Indonesia terbaik dengan harga yang sangat terjangkau bagi mahasiswa seperti saya. Paket hosting diatas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan berlangganan layanan hosting dari Hostinger, kamu sudah dapat menikmati beragam fitur yang ditawarkan oleh Hostinger seperti Auto-Installer dan beragam fitur premium lainnya. Selain itu kamu tidak perlu khawatir blog kamu down, karena Hostinger menawarkan jaminan uptime 99.9% loh!.

Selain web hosting, Hostinger juga menawarkan sertifikat SSL Murah yang berfungsi untuk mengamankan blog kamu. Dengan menggunakan SSL kamu tidak perlu khawatir terhadap pencurian data, pemalsuan pesan, atau tindakan memata-matai di Internet.

Selain itu apalagi yang harus saya persiapkan untuk nge-blog?

Nah jika kamu sudah membeli domain dan hosting, hal yang terakhir yang harus persiapakan yaitu Konten. yes! Konten yang menarik dan berkualitas tentu hal yang penting agar pembaca / pengujung dapat menyukai konten yang kamu tulis di blog kamu.
Untuk dapat menulis konten yang berkualitas agar disukai para pembaca yaitu dengan membuat artikel dengan bahasan topik yang mendalam. Kemudian buatlah konten yang orisinal dan bermanfaat sehingga pembaca betah berlama-lama di blog kamu. Selain itu update konten kamu secara konsisten seperti 1 hari 1 artikel dan lainnya, dengan begitu pengujung akan secara konsisten mengunjungi blog kamu untuk melihat konten terbaru yang kamu update.

Oke, semuanya sudah saya persiapkan, lalu bagaimana selanjutnya?

Jika semua hal diatas sudah kamu persiapkan, sekarang saatnya kamu beraksi! Lakukan step by step secara konsisten agar semuanya berjalan dengan baik. Intinya untuk memulai ng-blog, mulailah dari pemilihan platform yang ingin digunakan, kemudian pilihlah nama domain yang unik serta hosting terbaik agar blog kamu dapat diakses dengan mudah, dan yang terakhir tuliskan konten yang menarik dan berualitas agar pengujung suka dengan konten blog kamu.

Mungkin cukup sekian sharing dan tanya-jawab seputar blogging kali ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin terjun ke dunia blogging. Jika ada pertanyaan jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar yah!.
Nge-blog Hemat dan Cepat dengan Beragam Fitur Lengkap di Hostinger
4/ 5
Oleh
Open Comments
Close comment

2 komentar