Apa itu Hosting? Tips Memilih Layanan Web Hosting Murah dan Berkualitas

Apa itu Hosting? Tips Memilih Layanan Web Hosting Murah dan Berkualitas

Apa itu Hosting? Tips Memilih Layanan Web Hosting Murah dan Berkualitas
Selasa, 20 November 2018

Mungkin bagi sebagian orang dan khsusnya bagi kamu seorang blogger atau web developer, ketika mendengar kata 'Hosting' sudah tidak asing lagi di telinga. Namun bagi yang belum mengetahui apa itu Hosting, disini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu hosting / web hosting.

Dikutip dari wikipedia, Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS. Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi. - Wikipedia.

Oke mungkin jika penjelesan diatas agak sulit dipahami, disini saya akan menjelaskan apa itu hosting menurut pandangan saya.

Jadi, pada intinya hosting adalah tempat untuk menyimpan file di internet / dunia maya. Nah, file-file tersebut bisa berupa website, email, gambar dan lainnya. Pada dasarnya sama seperti kita menyimpan file ke flashdisk / hardisk. Hanya saja, yang menbedakannya apabila kita menyimpan fileke dalam flashdisk, maka data tersebut hanya dapat dilihat ketika kamu mencolokkan flashdisk tersebut ke dalam laptop, namun apabila kita menyimpan file-file tersebut di hosting, maka kita bisa melihat file tersebut kapan saja dan dimana saja tentunya dengan koneksi ke internet.

Lalu kalau begitu, bedanya hosting dengan layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox dan sejenisnya apa dong?

Pada dasarnya, keduanya adalah sama, sama-sama tempat untuk menyimpan file di dunia maya. Namun yang membedakan kedua adalah apabila kita menggunakan  hosting, kita dapat mengatur file-file kita seperti website, gambar dan lainnya adpat diakses oleh publik dengan bantuan sebuah nama domain seperti : namadomain.com. Akan tetapi, jika kita menyimpan file di layanan cloud, maka file-file kita hanya akan dapat diakses dengan alamat / nama domain dari penyedia layanan cloud tersebut.



Selanjutnya, perbedaan signifikan antara keduanya yaitu kemampuan pada kontrol dan fungsinya. Jika kita menggunakan hosting, kita dapat mengelola file-file kita melalui kontrol panel seperti cPanel atau web hosting control panel. Berbeda dengan layanan cloud, kita hanya dapat mengakses file-file kita hanya dengan halaman dashboard yang disediakan, sama halnya seperti kita membuka folder di dalam laptop. Intinya hosting berfungsi untuk menyimpan file-file website agar dapat diakses oleh publik, sedangkan layanan cloud berfungsi untuk menyimpan file-file seperti gambar, musik, dokumen dan lainnya namun sebagai penyimpanan cloud saja.

Gimana, sudah cukup paham?

Oke jika sudah mengerti, mari kita lanjutkan ke pembahasan mengenai dan tips memilih layanan web hosting murah berkualitas.

Seperti yang saya sebutkan diatas, jika kita membeli layanan web hosting, kita akan mendapatkan sebuah kontrol panel untukd apat mengelola file-file website kita. Pada umumnya, kontrol panel yang banyak digunakan yaitu cPanel. Berikut adalah sedikit tampilan cPanel. atau kamu bisa klik disini untuk melihat secara langsung bagaimana fasilitas yang ada di dalam cPanel.


Nah, di dalam cPanel, kita dapat mengelola berbagai fasilitas hosting diantaranya mengelola database, website, email, melihat statistik dan lainnya. Jadi intinya ketika kita ingin membangun sebuah website agar dapat diakses oleh publik, maka kita harus memiliki layanan web hosting dan nama domain agar website kita dapat online dan diakses oleh siapapun dan kapanpun.

Lalu, dimanakah kita dapat mendapatkan layanan web hosting?

Tentunya kita harus menyewa hosting pada provider atau penyedia layanan web hosting. Penyedia layanan hosting saat ini sudah banyak kita jumpai, namun, kita harus memastikan bahwa penyedia layanan hosting tersebut memiliki kualtias yang baik dan terpercaya.



Bagaimana tips memilih layanan web hosting yang berkualitas untuk website kita?

Disini saya akan berbagi sedikit tips cara memilih web hosting murah namun dengan fitur lengkap dan berkualitas.

Disk Space

Pilihlah paket web hosting yang sesuai.  Lihatlah kapasitas / disk space yang di berikan oleh penyedia layanan hosting. Apakah cukup untuk menampung berbagai file website kita. Namun, akan sangat bagus apabila tidak menetapkan batasan pada penggunaan disk space atau biasa disebut dengan "Unlimited". Hal ini tentu akan sangat membuat kita lega tanpa perlu memikirkan mengenai kapasitas yang ada. Tentunya dengan harga yang terjangkau ya guys!.

Bandwidth

Dalam memilih layanan hosting, pastikan penyedia layanan hosting yang kita pilih menyediakan bandwidth yang besar, karena apabila bandwidth layanan hosting yang kita pakai besar, maka website akan ter-load lebih cepat. Karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya. Saya sendiri memilih dan merekomendasikan Niagahoster sebagai layanan penyedia web hosting karena menyediakan layanan hosting dengan bandwidth unlimited atau tanpa batas. Sehingga, akan mempermudah dan mempercepat akses websitemu.

Domain dan SSL Gratis

Apabila penyedia layanan hosting memberikan domain serta SSL gratis, tentu hal ini akan menjadi nilai tambah karena kamu tidak perlu memikirkan biaya pembelian serta perpanjangan domain dan SSL. Di Niagahoster, kedua fitur ini bisa kamu dapatkan secara gratis untuk setiap pembelian paket web hosting. Gimana, mantul gak?

Lokasi Server

Lokasi server merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih layanan web hosting. Karena hal ini memiliki pengaruh yang besar ketika pengujung mengunjungi website kamu. Beberapa orang menganggap bahwa lokasi server tidak perlu diperhatikan saat memilih hosting. Padahal, konsep konvensional berlaku, bahwa semakin dekat lokasi server maka makin cepat pula akses kunjungan ke situs bersangkutan. Pilihlah web hsoting dengan lokasi server di Indonesia agar website kamu dapat diakses lebih cepat oleh pengunjung.

Technical Support 24 Jam

Bantuan layanan tentu salah satu yang sangat penting diperhatikan ketika kamu membeli layanan web hosting. Dengan bantuan technical support berpengalaman, kamu akan sangat terbantu jika ada pertanyaan dan permasalahan seputar layanan web hosting.

Bagaimana sudah mengerti apa itu hosting, fungsinya dan cara memilih hosting murah berkualitas? Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar yah. Semoga bermanfaat :)
Apa itu Hosting? Tips Memilih Layanan Web Hosting Murah dan Berkualitas
4/ 5
Oleh
Open Comments
Close comment

3 komentar